Makanan pengganti nasi Indonesia A-Z
TRAVEL STORY

11 Makanan di Ternate Yang Harus Dicoba

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram
Share on whatsapp
Florentina Woro

Datang ke suatu tempat baru tanpa coba makanan khas daerahnya berasa ada yang kurang buat gue. Jadi selama 2 hari 1 malam di Ternate kemarin, gue coba beberapa makanan khas Ternate. Ada juga makanan khas dari Sulawesi yang banyak dijual di Ternate seperti kerupuk singkong dengan gula merah dari Makassar, sambal dabu-dabu dari Manado, dan halua kenari dari Minahasa.

Gohu

Gohu Indonesia A-Z
Gohu

Bagi pencinta ikan, harus coba gohu, ini enak banget! Bisa dibilang sashimi-nya Ternate karena gohu terbuat dari ikan mentah. Ikan yang digunakan biasanya ikan tuna atau ikan cakalang, dipotong dadu kemudian diguyur lemon. Diberi bumbu garam, daun kemangi, cabe, bawang merah, dan kenari.

Gohu jadi salah satu menu all you can eat di warung makan sebelah Pasar Higienis, persis di tepi pantai. Jangan berharap seperti restoran tempatnya, tapi rasanya ga kalah dengan restoran. Cukup dengan Rp 35.000 makan kenyang sepuasnya.

 

Roti Isi Kenari

Roti Isi Kenari Indonesia A-Z
Roti Isi Kenari
Warung Makan Al-Hikmah
Warung Makan Al-Hikmah. Foto: Om Kermit

Ada banyak tempat yang menjual roti isi kenari di Ternate. Kebetulan menemukan 2 roti isi kenari dengan merk berbeda di Rumah Makan Al-Hikmah. Kalau ditanya mana yang lebih enak, soal selera sih ya, tapi menurut gue lebih enak Noni Agil karena lebih berasa kenarinya dan roti tidak terlalu manis. Harga per bungkus Rp 40.000. Roti ini enak banget dimakan bareng kopi pahit.

Roti Isi Kenari dan Kopi Indonesia A-Z
Roti Isi Kenari dan Kopi

 

Pecel Pisang dan Pisang Goreng Mulut Bebek

Pecel Pisang Indonesia A-Z
Pecel Pisang

Makan pisang rebus pakai bumbu pecel? Seperti itu pecel pisang di Ternate. Rasanya? Enak kok, dengan harga Rp 10.000 per porsi dan biasanya dijual di pinggir jalan.

Kalau pisang goreng mulut bebek, mirip dengan pisang goroho di Manado karena digoreng tipis sehingga garing dan dimakan dengan sambal. Pisang goreng mulut bahan bakunya pisang khas Maluku Utara, yaitu Pisang Bebe.

 

Papeda

Papeda kuah Soru Indonesia A-Z
Papeda kuah Soru
Papeda kuah kuning Indonesia A-Z
Papeda kuah kuning

Seperti papeda pada umumnya terbuat dari sagu, cara makannya yang berbeda, yaitu pakai tangan langung bukan pakai sendok. Kuah papeda ada 2 macam, yaitu kuah kuning dan kuah soru.

 

Nasi Kuning Ternate

Nasi Kuning Ternate Indonesia A-Z
Nasi Kuning Ternate

Seperti nasi kuning pada umumnya, tapi lauknya yang berbeda, ada ikannya, biasanya ikan cakalang suwir. Biasanya dijual untuk sarapan. Kami memilih untuk membungkus nasi kuning untuk bekal makan siang di Danau Tolire besar. Harga mulai Rp 5.000/bungkus.

 

Lalampa Kenari

Lalampa dan jajanan Ternate Indonesia A-Z
Lalampa dan jajanan Ternate

Lalampa terbuat dari ketan dengan isi ikan dan di Ternate ditambah dengan potongan kenari. Rasanya? Gurih banget! Harga mulai Rp 2.000/buah.

 

Halua Kenari

Halua Kenari Indonesia A-Z
Halua Kenari

Halua Kenari banyak ditemui di Manado dan Maluku. Nah, di Ternate, Maluku Utara, Halua Kenari juga banyak dijual. Biasanya dijadikan sebagai oleh-oleh. Harga mulai Rp 10.000/bungkus.

 

Kerupuk Singkong Gula Merah

Kerupuk Singkong dan Gula Merah Indonesia A-Z
Kerupuk Singkong dan Gula Merah

Awalnya gue pikir kecap, ternyata gula merah. Banyak dijual di parkiran tempat wisata dengan harga Rp 5.000/buah. Rasanya? Biasa aja sih menurut gue, ya soal selera.

 

Cakalang dan Daun Ubi

Cakalang dan Daun Ubi Indonesia A-Z
Cakalang dan Daun Ubi

Ini bukan makanan khas Ternate, tapi bisa jadi makanan yang harus dicoba di Ternate. Nasi, cakalang fufu, dan daun ubi dihargai Rp 15.000 di warung makan.

 

Sambal Dabu-Dabu

Dabu-Dabu Indonesia A-Z
Dabu-Dabu

Sambal dabu-dabu khas Manado ini banyak ditemui di Ternate, biasanya dimakan dengan ikan bakar. Ikan bakar dan sambal dabu-dabu di Terminal bisa menjadi alternatif menu makan malam di Ternate.

 

Singkong, Pisang, Ubi dan Makanan Pengganti Nasi Lainnya

Makanan pengganti nasi Indonesia A-Z
Makanan pengganti nasi Indonesia A-Z

Nah ini juga unik, di “warung all you can eat” makanan pokoknya tidak hanya nasi dan papeda tapi juga umbi-umbian seperti singkong dan ubi. Selain itu ada juga pisang rebus. Menarik bukan?