Kuliner Pontianak Singkawang Indonesia A-Z
TRAVEL STORY

18 Wisata Kuliner Pontianak dan Singkawang

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram
Share on whatsapp
Florentina Woro

Gue ngabur ke Kalimantan Barat weekend doang buat kulineran. Ga capek, Ren? Ga, sebentar doang di pesawat bahkan lebih cepat daripada kereta Jakarta-Bandung. Hahaha… Karena tujuan ke Pontianak dan Singkawang untuk wisata kuliner. Banyak banget kuliner Pontianak dan Singkawang, ada 18 kuliner yang gue bisa rekomendasikan.

Interest dan prioritas setiap orang itu beda-beda, akan jauh lebih menyenangkan kalau jalan dengan orang yang punya interest sama. Contohnya: wisata kuliner.

1. Chai Kue Siam A Hin

Chai Kue Siam A Hin Pontianak Indonesia A-Z
Chai Kue Siam A Hin Pontianak

Makanan khas Pontianak yang gue coba pas sampai di Pontianak. Isinya kucai, bengkuang, keladi, kacang. Ada yang digoreng dan ada yang dikukus. Chai kue dikenal juga dengan nama choi pan dan dijual Rp 1.500/buah. Ada banyak yang menjual chai kue di Pontianak, salah satunya Chai Kue Siam A Hin di Jl. Siam, Benua Melayu Darat, Kec. Pontianak Sel., Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78122.

2. Kopi Asiang

Koh Asiang sedang beraksi di warungnya Indonesia A-Z
Koh Asiang sedang beraksi di warungnya. Foto oleh Gunius

Dari sekian banyak warung kopi di Pontianak, kopi ini paling legendaris, belum lengkap ke Pontianak kalau belum mampir di Kopi Asiang. Gue penasaran dan cari tau, yang membuatnya legendaris adalah Koh Asiang yang topless ketika nyeduh kopi. Koh Asiang ada di sana hanya sampai sekitar jam 10 pagi, jadi kalau mau ketemu, lebih baik datang pagi-pagi. Lokasinya di Jl. Merapi, Benua Melayu Darat, Kec. Pontianak Sel., Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78243.

Kalau mau tahu cerita tentang budaya ngopi di Indonesia yang unik, bisa dibaca selengkapnya di sini.

3. Es Krim Angi Petrus

Kuliner Pontianak ini unik karena menggunakan setengah kelapa muda sebagai wadah es krim. Selain itu, topping yang biasanya ada di atas es krim letaknya di bawah es krim, seperti kacang merah, cincau, dan agar-agar. Gue cobain rasa cempedak dan vanila, enak! Harganya Rp 23.000 untuk satu porsi es krim dengan kelapa muda. Buat yang ga terlalu suka es krim dan cuma mau icip-icip, bisa juga pesan di cup dan gelas.

Kenapa dinamakan Es Krim Petrus? Karena lokasinya di sebrang SMP SMA Petrus di Pontianak. Persisnya di Jl. Karel Satsuit Tubun No.8, Akcaya, Kec. Pontianak Sel., Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78121.

4. Mie Tiau Apollo dan Pollo

Kalau buat gue, mie tiau ini ga terlalu beda dengan mie tiau (atau kuetiau) sapi pada umumnya. Awalnya gue coba Mie Tiau Apollo dengan harga Rp 28.000/porsi, itu emang sengaja ga mau pakai sayur. Lagi makan, tiba-tiba kecoa lewat di meja, seketika berhenti ngunyah dan minta dibungkus. Karena masih lapar, gue ke sebelah, yaitu Mie Tiau Pollo dengan harga Rp 30.000/porsi. Jauh lebih enak, karena lebih berbumbu dan dagingnya lebih banyak, pastinya tanpa kecoa melintas di meja. Balik lagi ke selera masing-masing ya untuk rasa makanan.

Lokasi 2 tempat ini persis sebelahan, tepatnya di Jl. Patimura No.63, Darat Sekip, Kec. Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78243.

5. Bakmie Oukie (non halal)

Bakmie Oukie (non halal) Indonesia A-Z
Bakmie Oukie (non halal)

Bakmie non halal yang terkenal banget di Pontianak dan memang enak. Lokasinya di Jl. Nusa Indah 1 No.128, Darat Sekip, Kec. Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78243. Toppingnya banyak, ada kepiting, babi kecap, pangsit, baso kepiting, olahan ikan, dan udang. Bakmie ini buka dari pagi sampai jam 6 sore.

6. Bakmie Tunggu Yau Tek (non halal)

Bakmie Tunggu Yau Tek (non halal) Indonesia A-Z
Bakmie Tunggu Yau Tek (non halal)

Sesuai dengan namanya, kuliner Pontianak ini lama banget nunggunya! Gue sudah habis segelas air tahu (seperti susu kedelai), bakmienya belum datang juga. Setelah sekitar satu jam nunggu, rasanya? Oke, tapi ga terlalu wah, mungkin ekspektasi gue terlalu tinggi. Gue membayar sekitar Rp 55.000 untuk seporsi bakmie, segelas air tahu, dan segelas es teh tawar.

Alamatnya di Jl. Nusa Indah 1, Darat Sekip, Kec. Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78243.

7. Lek Tau San atau Bubur Gunting

Lek Tau San (Bubur Gunting) Indonesia A-Z
Lek Tau San (Bubur Gunting)

Makanan ini unik banget! Gue kira asin dan mengenyangkan, ternyata manis asin dan untuk cemilan aja. Ini adalah kuliner wajib kalau ke Singkawang. Ada banyak penjual bubur gunting, bukan rumah makan, tapi warung tenda. Seporsi bubur gunting dijual seharga Rp 5.000, yang terdiri dari cakwe garing yang digunting kemudian diguyur kuah kental manis dengan campuran kacang hijau yang sudah dikupas.

Yang paling terkenal adalah Bubur Gunting Asun, lokasinya di Jl. P. Antasari No.56, Pasiran, Singkawang Bar., Kota Singkawang, Kalimantan Barat 79111. Hanya buka dari jam 8 pagi sampai jam 2 siang. Namun di sekitar situ banyak penjual bubur gunting lainnya.

8. Bakmie Kering Haji Aman

Bakmie Kering Haji Aman Indonesia A-Z
Bakmie Kering Haji Aman

Bakmie halal paling enak yang pernah gue makan, enak banget! Toppingnya banyak, ada ayam kecap, baso sapi, daging sapi, babat, tahu baso, dan telur dadar iris. Kuahnya pun enak, terasa kaldunya. Yang disayangkan, agak susah parkir mobil di sini. Selebihnya oke banget! Harga seporsi bakmie lengkap Rp 30.000.

Lokasinya di Jl. Karya Baru, Parit Tokaya, Kec. Pontianak Sel., Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

9. Choi Pan Kawasan Tradisional

Choi Pan Kawasan Tradisional Indonesia A-Z
Choi Pan Kawasan Tradisional

Bukan hanya kuliner Pontianak, di Singkawang juga ada Choipan yang legendaris di Kawasan Tradisional. Enak? Enak, ga beda jauh dengan choipan (chai kue) di Pontinak, gue lebih suka yang di Pontianak. Choipan di sini hanya 1 macam, isinya bengkuang, ebi, wortel, dan buncis. Ukurannya lebih besar daripada di Pontianak dan dijual seharga Rp 2.000/buah.

Di Kawasan Tradisional juga ada bangunan tua yang menarik, yaitu Cagar Budaya Marga Thjia, persis di sebelah kedai choipan ini. Lokasinya di Condong, Central Singkawang, Singkawang City, West Kalimantan 79111.

10. Cong Thian Ang

Cong Thien Ang Indonesia A-Z
Cong Thian Ang

Jujur beli kue ini karena bentuknya unik, dibungkus dengan kantong semar. Rasanya pulen dan gurih karena terdiri dari ketan, santan, dan kacang tolo, buat pencinta ketan pasti suka. Salah satu tempat yang menjual Cong Thian Ang adalah Rusen Kopitiam, di Jl. Niaga, Melayu, Singkawang Bar., Kota Singkawang, Kalimantan Barat 79111.

11. Bubur Pekong

Bubur Pekong Singkawang Indonesia A-Z
Bubur Pekong Singkawang

Menu sarapan wajib di Singkawang. Buburnya gurih dan banyak isinya, ada irisan dagin sapi, teri, dan emping. Seporsi hanya Rp 15.000, nikmat banget. Tempat bubur ini juga menjual sate ayam dan kue-kue basah, pas banget buat sarapan. Lokasinya persis di sebelah kiri Vihara Tri Dharma Bumi Raya di Jl. Niaga, Melayu, Singkawang Bar., Kota Singkawang, Kalimantan Barat 79111.

Karena keterbatasan waktu, gue cuma sempat coba 11 kuliner Pontianak dan Singkawang itu. Kuliner lainnya yang bisa gue rekomendasikan:

  1. Pisang goreng srikaya
  2. Bubur pedas Pontianak
  3. Nasi campur Akwang (non halal)
  4. Kwecap veteran (non halal)
  5. Burung punai
  6. Pengkang

Selamat menikmati!