Soto Bathok Indonesia A-Z
TRAVEL STORY

Kuliner Murah dan Enak di Beringharjo Ada Bonusnya

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram
Share on whatsapp

Florentina Woro

Tau ga kalau di Pasar Beringharjo ada kuliner murah dan enak yang bikin ketagihan? Buat yang belum tau dimana Pasar Beringharjo, coba cek di sini, persisnya di ujung Jl. Malioboro sebelum Benteng Vredeburg. Lokasinya di kiri jalan, karena Jl. Malioboro hanya satu arah. Di depan pintu masuk dan di dalam pasar banyak banget jajanan enak.

Es Dawet Mbah Hari

Dawet Mbah Hari Indonesia A-Z
Dawet Mbah Hari Pasar Beringharjo

Jajanan favorit gue di sini adalah es dawet! Setiap kali ke Pasar Beringharjo, pasti mampir di Es Dawet Mbah Hari. Harganya hanya Rp 5.000 per mangkok. Jangan dibayangkan mangkok mie ayam. Mangkoknya mini, tapi pas banget rasanya.

Dawet Pasar Beringharjo Indonesia A-Z
Dawet Pasar Beringharjo

Si Mbah Hari, sangat murah senyum. Lihat deh, ga cuma pas kasih dawet ke pembeli, waktu ngambil dawet dan gula pun dia senyum. Hm mungkin itu yang buat rasa dawet makin enak, penjualnya melayani sepenuh hati. Laris manis dagangan si mbah, yang sudah jualan sejak 1965.

Sate Kere

Sate Kere dan Sate Sapi Indonesia A-Z
Sate Kere dan Sate Sapi

Ini jajanan kedua favorit gue di Pasar Beringharjo, sate kere. Lemak jahat! Hahaha.. Ga sehat sih, tapi enak, sesekali gak apa-apa. Sate kere ini terbuat dari gajih atau lemak sapi. Harganya Rp 3.000/tusuk untuk sate kere dan Rp 4.000/tusuk untuk sate sapi. Dimakannya pakai bumbu kacang, enak banget! Lokasinya ada di pintu timur Pasar Beringharjo yang dekat Jl. Malioboro.

Nasi Empal Bu Warno

Empal Bu Warno Indonesia A-Z
Nasi Empal Bu Warno

Nah kalau ini gue pertama kali coba dan gue suka. Nasi Empal Bu Warno di dalam Pasar Beringharjo itu tutup jam 3 sore, jadi kalau mau makan di pasar, datang jangan terlalu sore. Tapi jangan sedih, kalau tutup masih ada cabangnya di Jl. Brigjen Katamso, tutupnya lebih sore dan tempatnya lebih bersih. Seporsi nasi empal hargnya Rp 22.000 lengkap dengan lalap dan sambal super pedas. Sayur lodeh di sini enak loh!

Pizza Tunqu Nangkring

PIzza Tunqu Nangkring Indonesia A-Z
PIzza (dengan topping) Sekarepmu

Lah emang ada pizza di Pasar Beringharjo? Ga. Ini bonus rekomendasi kulinernya. Kalau siang sudah muter di Beringharjo, malamnya bisa mampir di Pizza Tunqu Nangkring. Ga jauh kok, persisnya di sini, di sebrang angkringan kopi jos dekat tugu. Pizza kaki lima yang enak menurut gue. Waktu itu coba pizza sekarepmu, seharga Rp 42.000 dengan tambahan mozarella Rp 15.000.

PIzza Tunqu Nangkring Depan Tugu Indonesia A-Z
PIzza Tunqu Nangkring di Warung Tenda

Pizza sekarepmu itu jenis pizza dengan pilihan 3 topping bebas (sekarepmu). Uniknya lagi, si Tunqu Nangkring ini bikin program #makeyourownpizzatopping, menarik kan? Bisa dicek di Instagramnya, buka mulai jam 5 sore sampai tengah malam.

Soto Bathok Mbah Katro

Soto Bathok Indonesia A-Z
Soto Bathok Mbah Katro

Nah ini juga bonus. Bukan kuliner Beringharjo, tapi ga jauh dari Bandara Adi Sucipto, persisnya di belakang Candi Sambisari. Soto ini murah dan mengenyangkan. Makin nikmat karena persis di pinggir sawah. Jangan berekspektasi tinggi ya! Nasinya banyak, kuahnya gurih, tapi dagingnya ga banyak, ya selayaknya soto Rp 5.000. Bisa juga nasi dan sotonya dipisah. Mereka juga menyediakan sate usus, sate telur puyuh, dan tempe goreng. Tempe gorengnya juara sih, mesti coba, garing dan berbumbu.

Gimana setelah lihat kuliner Jogja? Yuk, ditunggu di Jogja!