Kebun Mawar Situhapa Garut Indonesia A-Z
TRAVEL STORY

Staycation di Garut? Ke Kebun Mawar Situhapa aja!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Florentina Woro

Karena lelah dengan macetnya Jakarta dan drama-drama di perjalanan, belakangan ini gue lebih menikmati staycation. Selain staycation di Lembang, ada satu tempat di Garut yang gue rekomendasikan, Kebun Mawar Situhapa. Lokasinya di Jl. Raya Kamojang Km. 5, Kecamatan Samarang, Garut. Akses ke sini cukup mudah, apalagi dengan bantuan Google Maps, sekitar 15 KM dari Kota Garut.

Mawar di Situhapa Garut Indonesia A-Z
Mawar di Situhapa

Sesuai dengan nama tempatnya, Kebun Mawar Situhapa, tanaman bunga mawar mendominasi di sini. Cantik loh! Jangan dipetik, boleh dilihat atau dipegang saja batang mawarnya. Ada berapa jenis mawar di sini, mawar merah, kuning, putih, dan pink. Ditambah lagi bunga-bunga lainnya, seperti begonia dan azalea. Tempat ini cocok banget untuk relaksasi mata dan mencuci paru-paru, udaranya bersih, minim polusi.

Penginapan di Situhapa Indonesia A-Z
Villa Damascena di Situhapa

Yang lebih menyenangkan lagi, Kebun Mawar ini memiliki tiga jenis villa yang diberi nama sesuai dengan kebun bunga di sekitarnya, Damascena, Geranium, dan Hortensia. Ada villa yang menghadap danau, ada juga yang menghadap kebun bunga. Bagus yang mana? Tergantung selera. Harganya? Mulai dari Rp 490.000, untuk harga lengkapnya bisa cek di sini.

Penginapan 2 Tingkat di Kebun Mawar Indonesia A-Z
Villa Hortensia di Situhapa

Selain villa, ada restoran, jadi kalau mau one day trip juga oke. Uniknya, restoran ini dikemas dengan konsep piknik. Ketika cuaca cerah, Gunung Papandayan dan Cikuray terlihat jelas.

Beragam Kebun Bunga Indonesia A-Z
Hamparan Bunga di Situhapa

Bisa dibilang tempat ini cocok untuk liburan keluarga dan pastinya ramah untuk anak kecil. Ada labirin dan arena bermainnya. Tiket masuk pun tergolong murah. Rp 17.500 untuk Senin-Sabtu, Rp 22.500 di hari Minggu dan libur nasional.

Labirin Situhapa Garut Indonesia A-Z
Labirin Situhapa Garut

Tidak hanya Kebun Mawar, ada beberapa alternatif tempat wisata dan penginapan di Garut yang cocok untuk keluarga seperti Mulih Ka Desa dan Kampung Sampireun. Sedangkan untuk kalian yang suka alam terbuka, bisa mampir di Kawah Kamojang yang ga jauh dari Kebum Mawar. Mau tantangan lebih? Bisa mampir ke Gunung Papandayan, Gunung Guntur, ataupun Gunung Cikuray.

Gerbang Mawar Situhapa Garut Indonesia A-Z
Gerbang Kebun Mawar Situhapa Garut

Jadi, kapan kalian staycation di Garut?